Pentingnya Etika dalam kehidupan sehari - hari


Etika dan Profesionalisme TSI

1. Jelaskan mengapa etika harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam menggunakan fasilitas teknologi sistem informasi!
Jawab:
Dalam kehidupan sehari-hari etika sangatlah penting peranannya, karena dengan adanya etika maka seseorang dapat mengatur bagaimana cara bergaul atau bersosialisasi dengan sesamanya. Yang mendasari tumbuh kembangnya etika kedalam kehidupan kita adalah agar perbuatan yang tengah kita jalankan sesuai dengan adat atau kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia, karena dengan adanya etika membuat manusia berorientasi bagaimana ia menjalankan kehidupannya dalam tindakannya sehari-hari dan bisa membedakan  perbuatannya benar atau salah.
Etika dalam menggunakan teknologi juga penting untuk menghindari ketidakbijakan menggunakan teknologi, menghindari kejahatan yang merugikan, dan tidak menyalahgunakan alat tekonologi.


2. Berikan contoh penggunaan etika dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab:
- Mengucap salam saat bertemu orang lain
- Mencium tangan orang tua ketika hendak beraktivitas
- Membuang sampah pada tempatnya
- Makan menggunakan tangan kanan
- Meminta maaf apabila melakukan kesalahan
- Bersikap sopan terhadap orang yang lebih tua
  

 3. Jelaskan apa akibatnya kalau etika tidak digunakan dalam keseharian!
Jawab:
Seseorang tidak dapat membedakan perbuatan benar dan salah,  serta dapat dikucilkan dari lingkungan masyarakat jika tidak menerapkan etika didalam kehidupan sehari hari, karena rasa sopan dalam diri hilang, tidak bertanggung jawab terhadap perbuatan, bertindak sesuka hati, serta akan mengurangi perbuatan baik didalam diri.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Cloud Computing,Mobile Computing,Mobile Computing,Ubiquitous Computing,Nano secience,Grid Technology

Sejarah perkembangan Media teknologi Informasi

KEBUDAYAAN SUMATERA UTARA LENGKAP