Tren Perkembangan Teknologi di Masa Depan



        Tren teknologi yang akan berkembang dimasa depan tidak akan terepas dari teknologi yang sedang berkembang pada saat ini. Banyak teknologi sekarang ini merupakan hasil perkembangan dari teknologi yang ada di masa lalu, berawal dari sebuah teknologi sederhana, karena semakin meningkatnya kebutuhan dan perkembangan kemampuan komputer yang dapat memproses lebih baik dari sebelumnya mendorong perkembangan sebuah teknologi baru yang semakin canggih, salah satunya adalah Artificial Intelligence yang biasa di singkat AI.

        Artificial Intelligence merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Kecerdasan ini di ciptakan lalu dimasukan kedalam sebuah mesin(Komputer) sehingga mesin tersebut dapat melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan(games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

        Penggunaan teknologi AI saat ini sudah sangat sering kita jumpai seperti google assistant yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan melakukan perintah yang diberikan, Autonomous car sebuah mobil yang dapat berjalan tanpa pengemudi(driverless) dan masih banyak lagi.
       
         Tujuan dari Artificial Intelligence ini sendiri adalah untuk menggantikan peran manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan efisien, karena komputer memiliki tingkat kesalahan lebih sedikit dibandingkan dengan manusia.

         Namun dalam perkembangannya, beberapa ahli mengatakan bahwa, jika AI ini terus dikembangkan untuk menyaingi kecerdasan manusia maka akan membahayakan keberlangsungan hidup manusia, sehingga para ahli mengatakan harus ada batasan-batasan tertentu agar AI ini dapat tetap dikembangkan sesuai dengan tujuannya.

          Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Maksud dari cloud atau awan disini adalah internet, dimana kita dapat mengakses data di internet namun keberadaan data tersebut seolah-olah berada di awan. Penggunaan teknologi ini sudah banyak dijumpai di zaman sekarang ini, contohnya adalah E-mail, Cloud storage seperti dropbox & google drive dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

         Mobile computing merupakan teknologi dimana kita dapat mengoperasikan sebuah komputer secara portable, dengan kata lain teknologi tersebut dapat kita bawa kemana-mana dengan mudah. Dengan teknologi ini kita dapat melakukan beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan pada sebuah personal komputer, bahkan di era sekarang ini kita sudah mengenal yang namanya smartphone, dimana kita hampir dapat melakukan seluruh bahkan lebih tugas-tugas yang dapat dikerjakan di komputer pada smartphone yang kita miliki.

         Ubiquitous Computing merupakan penggunaan teknologi komputer dimana dalam satu lokasi terdapat banyak perangkat komputer yang saling terhubung didalam satu jaringan komputer lalu ketika kita ingin menggunakan perangkat-perangkat tersebut kita tidak perlu mengakses seluruh perangkat yang ada. Contoh saya memiliki rumah yang didalamnya terdapat sebuah komputer desktop, laptop, printer dan smartphone, lalu saya menghubungkan semua perangkat tersebut menggunakan jaringan wireless(WiFi), ketika saya ingin menggunakan printer yang ada saya tidak perlu mengakses komputer desktop yang terhubung dengan printer tersebut, tetapi saya dapat menggunakan printer tersebut melalui laptop atau smartphone saya dengan sayarat semua perangkat tersebut saling terhubung dan sudah disetting dengan semestinya.

        Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Peran teknologi nano dalam dunia komputer, sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT.

         Grid Technology adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar. Semakin cepat jalur komunikasi terbuka, maka peluang untuk menggabungkan kinerja komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah menjadi semakin meningkat. Dengan berkembang pesatnya kecepatan bandwith di era sekarang ini, grid technology juga semakin berkembang penggunaannya, dengan menggunakan teknologi ini juga akan mengurangi biaya karena tidak perlu membuild perangkat yang dibutuhkan dari nol.

 Contoh ketika sebuah negara tidak memiliki sebuah supercomputer, dengan teknologi ini negara tersebut dapat mengakses supercomputer yang letak geografisnya sangat jauh.

Sumber : https://ranggadirga.wordpress.com/2017/10/30/tren-teknologi-yang-akan-berkembang-dimasa-depan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Cloud Computing,Mobile Computing,Mobile Computing,Ubiquitous Computing,Nano secience,Grid Technology

Sejarah perkembangan Media teknologi Informasi

KEBUDAYAAN SUMATERA UTARA LENGKAP