KEBUDAYAAN SUMATERA UTARA LENGKAP

Kebudayaan Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau sumatea, indonesia dan beribukota di Medan.

Sejarah Terbentuknya Sumatera Utara


         Pada zaman pemerintahan Belanda, Sumatera Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatera, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan.
Setelah kemerdekaan, dalam sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND), Provinsi Sumatera kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli.
Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatera dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yaitu: Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Tengah, dan Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatera Utara.



Suku bangsa


Hasil gambar untuk suku bangsa med

         
          Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir timur Sumatera Utara, pada umumnya dihuni oleh orang-orang Melayu. Pantai barat dari Barus hingga Natal, banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyak dihuni oleh Suku Batak yang sebagian besarnya beragama Kristen. Suku Nias berada di kepulauan sebelah barat. Sejak dibukanya perkebunan tembakau di Sumatera Timur, pemerintah kolonial Hindia Belanda banyak mendatangkan kuli kontrak yang dipekerjakan di perkebunan.


Bahasa


         Bahasa daerah yang ada di sumatera utara adalah Batak, Karo, Melayu, Nias, Mandailing, dll. Pada umumnya, bahasa yang dipergunakan disumatera utara adalah Bahasa Indonesia. Suku Melayu Deli mayoritas menuturkan Bahasa Indonesia karena kedekatannya denganBahasa Melayu yang menjadi bahasa ibu masyarakat Deli. Pesisir timur seperi wilayah Serdang Bedagai, Pangkalan Dodek, Batubara, Asahan, dan Tanjung Balai, memakai Bahasa Melayu dialek "o" begitu juga di Labuhan Batu dengan sedikit perbedaan ragam. Di Kabupaten Langkat masih menggunakan bahasa Melayu dialek "e" yang sering juga disebut Bahasa Maya-maya. Mayarakat Jawa di daerah perkebunan, menuturkan Bahasa Jawa sebagai pengantar sehari-hari.
Di Medan, orang Tionghoa lazim menuturkan Bahasa Hokkian selain bahasa Indonesia. Di pegunungan, masyarakat Batak menuturkan Bahasa Batak yang terbagi atas empat logat (Silindung-Samosir-Humbang-Toba). Bahasa Nias dituturkan di Kepulauan Nias oleh suku Nias. Sedangkan orang-orang di pesisir barat, seperti Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Natal menggunakan Bahasa Minangkabau.



Agama

      Agama utama di Sumatera Utara adalah:
Islam: terutama dipeluk oleh suku Melayu, Pesisir, Minangkabau, Jawa, Aceh, Mandailing, Angkola, sebagian Karo, Simalungun dan Pakpak
Kristen (Protestan dan Katolik): terutama dipeluk oleh suku Batak Toba, Karo, Simalungun, dan Nias
Hindu: terutama dipeluk oleh suku Tamil di perkotaan
Buddha: terutama dipeluk oleh suku Peranakan di perkotaan
Konghucu : terutama dipeluk oleh suku Peranakan di perkotaan
Parmalim: dipeluk oleh sebagian suku Batak yang berpusat di Huta Tinggi
Animisme: masih ada dipeluk oleh suku Batak, yaitu Pelebegu Parhabonaron dan kepercayaan sejenisnya
Musik
        Musik yang biasa dimainkan,cenderung tergantung dengan upacara-upacara adat yang diadakan, tetapi lebih dominan dengan genderangnya. Seperti pada Etnis Pesisir terdapat serangkaian alat musik yang dinamakan Sikambang.


Lagu Daerah: 1.Pantun Lama
                        2.Butet
                        3.Sengko-Sengko , dan masih banyak lagi



Rumah Adat


Hasil gambar untuk rumah adat medan


      Rumah adat Sumatera Utara dinamakan Parsakitan dan Jabu Bolon. Jabu Parsakitan adalah rumah adat di daerah Batak Toba, tempat penyimpanan barang-barang pusaka dan tempat penyimpanan barang-barang pusaka dan tempat pertemuan untuk membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan adat. Jabu Bolon adalah rumah pertemuan suatu keluarga besar. Berbentuk panggung dan ruang atas untuk tempat tinggal bersama-sama, Tempat tidur lebih tinggi dari dapur.






Pakaian Adat


Hasil gambar untuk pakaian adat medan

 

           Di daerah Tapanuli Utara tenunan tradisionalnya disebut ulos. Kain ulos itu terdiri dari beberapa macam yang harga dan fungsinya berbeda-beda. Misalnya: Ulos Godang, Sibolang, Mangiring, Sitoluntuho, Ragi Hidup, Sadum, dan Ragi Hotang.Pada upacara adat kaum pria mengenakan tutup kepala yang disebut sabe-sabe dari ulos mangiring. Di bahunya disampirkan Ulos Ragi Hotang dan mengenakan kain sarung. Kaum wanitanya menegenakan Ulos Sadum yang disampirkan di kedua bahunya dililit dengan Ulos Ragi Hotang dan mengenakan sarung suji.



Tari-tarian Daerah Sumatera Utara

    1 . Tari Karo


Hasil gambar untuk tari karo



       Tarian ini merupakan tari tradisional khas suku karo,Tari ini menggambarkan percintaan muda-mudi pada malam hari dibawah terang sinar bulan purnama. Tari ini dibawakan dengan karakter gerak yang lebih lemah gemulai.


2. Tari Sapu Tangan

Hasil gambar untuk tari sapu tangan



      Tari sapu tangan merupakan tari tradisional melayu yang berasal dari sumatera utara.Tarian ini menggambarkan kegiatan masyarakat dalam keseharian mereka didaerah perdesaan.Tarian tradisional ini cukup praktik dan mudah.




3 . Tari Serampang duabelas
Hasil gambar untuk tari serampang dua belas

   

          Tari serampang duabelas merupakan tari yang paling terkenal di sumatera utara. Dalam tari Serampang Dua Belas diceritakan tentang kisah cinta dua orang insan yang muncul sejak pandangan pertama dan diakhiri dengan ikatan pernikahan.  Kemudian keduanya direstui oleh orang tua Sang Dara --sebutan bagi wanita-- dan Teruna --sebutan bagi pria-- dalam suku Melayu. Oleh sebab itu, tarian Serampang Dua Belas dimainkan secara berpasang-pasangan.




Senjata Tradisional


Hasil gambar untuk senjata tradisional sumatera utara
PISO SURUT

        Piso surut adalah sejenis belati dan merupakan senjata tradisional di Tanah Karo, Sumatera Utara. Piso gaja dompak, berupa sebilah keris panjang merupakan lambang penting pemerintahan Raja Si Singamangaraja. Senjata ini hanya boleh diguanakan oleh raja saja. Senjata tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat umum adalah hujur sejenis tombak dan podang sejenis pedang panjang.





Makanan Khas Sumatera Utara


1 . Arsik


Hasil gambar untuk ikan arsik khas medan

   


      Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.
Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.





2 . kwetiau 
Hasil gambar





       Kwetiau adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras.Dapat digoreng ataupun dimasak berkuah.Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia,terutama di daerah yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa.Kwetiau pada umumnya identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu.Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam hal penyajian kwetiau.Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai baso ikan,dan telur bebek.Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat.Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram.



3 . Bika Ambon
Hasil gambar untuk bika ambon

       Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.
Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata "ambon", bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal.Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini.
Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.



4 . Lapis Legit


Hasil gambar untuk lapis legit

        Spekkoek atau lapis legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.


5 . Lemang


Hasil gambar untuk lemang


       Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara memakan lemang berbeda dari daerah ke daerah. Ada orang yang senang menikmatinya dengan cara manis (selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.
Lemang dijadikan makanan perayaan oleh Suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi Suku Melayu, lemang biasa disantap saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Orang Minangkabau juga menyukai lemang, bahkan kota seperti Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang". Lemang juga merupakan makanan orang asli Negrito yang ada di Kelantan dan suku Semai.



Pok Pia

Hasil gambar untuk popia

     


            Pok pia adalah sejenis kue tipis dari tepung terigu yang digoreng. Bentuk pok pia berbeda-beda di masing-masing daerah. Pok pia biasanya berasa manis, namun juga ada yang berasa asin sesuai dengan cara mencicipi.bagian ujung begitu garing dan bagian tengah penuh dengan sayuran.
Saksang

     Saksang adalah masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi (atau daging anjing) yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah,santan dan rempah-rempah (termasuk jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman). Saksang menjadi makanan wajib dalam adat pernikahan Batak.Dalam etnis tionghua,sering dikenal dengan sebutan Angbak dan Chasiobak.Angbak meggunakan cairan berwarna merah yang manis sehingga membuat makanan ini cukup terkenal sedagkan Chasiobak digoreng hingga kering sehingga menimbulkan kesan garing.



Wisata Alam Favorit Sumatera Utara


1 . Danau Toba


Hasil gambar untuk danau toba


      Danau Toba merupakan wisata alam favorit Sumatera utara.Suasana di danau toba sangat indah.banyak wisatawan dalam dan luar negri yang berkunjung ke danau toba. Ajak keluarga anda untuk menikmati keindahan alam di danau toba.

2 . Bukit Lawang


 Hasil gambar untuk bukit lawang sumut
     

         Bukit lawang merupakan salah satu tempat populer di sumatera utara.Selain menikmati dinginnya air bahorok,juga dapat menikmati panorama alam yang indah di bukit barisan.Salah satu games yang terkenal di bukit lawang adalah permainan arum jeram.Selain itu,Di bukit lawang,kita dapat melihat keberadaan orang utan yang menjadi ikon berharga bagi wisatawan mancanegara.Jadi tunggu apa lagi .

3 . Pulau Samosir


Hasil gambar untuk pulau samosir
     

       Pulau samosir juga merupakan tempat favorit Sumatera utara.Pulau samosir terdapat di dalam danau toba.Di pulau samosir panorama yang sangat indah.Jika dikelola dengan baik,pulau samosir akan menjadi destinasi wisatawan mancanegar . Sayangnya pulau samosir masih sepi karena belum dikelola dengan baik oleh pemerintah.

4 . Gunung Sibayak



Hasil gambar untuk gunung sibayak

       Gunung  Sibayak merupakan tempat yang sejuk.Gunung ini memiliki ketinggian 2094m . Hal yang membuat gunung ini lebih spesial adalah gunung ini tidak sulit didaki,walau oleh pemula sekalipun.Hal tesebutlah yang membuat gunung sinabung tak pernah sepi dari pengunjung.


5 . Gundaling


Hasil gambar untuk gundaling
     

       Bukit gundaling memiliki ketinggian 1575m dari permukaan laut dan berjarak 3km dari brastagi.Di bukit ini terdapat taman yang indah,tempat yang cocok untuk jalan santai dan dapat juga mengelilingi puncak bukit ini.Di puncak bukit ini,dapat dinikmati panorama gunung sibayak yang mengagumkan.


Kerajinan


Hasil gambar untuk kerajinan sumatera utara
ULOS







         Selain arsitektur,tenunan merupakan seni kerajinan yang menarik dari suku Batak. Contoh tenunan ini adalah kain ulos dan kain songket. Ulos merupakan kain adat Batak yang digunakan dalam upacara-upacara perkawinan, kematian, mendirikan rumah, kesenian,dsb. Bahan kain ulos terbuat dari benang kapas atau rami. Warna ulos biasanya adalah hitam, putih, dan merah yang mempunyai makna tertentu. Sedangkan warna lain merupakan lambang dari variasi kehidupan.
Pada suku Pakpak ada tenunan yang dikenal dengan nama oles. Bisanya warna dasar oles adalah hitam kecokelatan atau putih.
Pada suku Karo ada tenunan yang dikenal dengan nama uis. Bisanya warna dasar uis adalah biru tua dan kemerahan.
Pada masyarakat pesisir barat ada tenunan yang dikenal dengan nama Songket Barus. Biasanya warna dasar kerajinan ini adalah Merah Tua atau Kuning Emas.

Sekianlah rincian Sumatera Utara Yang dapat saya utarakan


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Utara
http://www.kebudayaanindonesia.com/2013/05/sumatera-utara.html
http://vincenthean.blogspot.co.id/2013/05/tahukah-kamu-tentang-kebudayaan.html
From My Thinking
karamarpaung97.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Cloud Computing,Mobile Computing,Mobile Computing,Ubiquitous Computing,Nano secience,Grid Technology

Sejarah perkembangan Media teknologi Informasi